Operasi Kanker Lidah Bassist Aerosmith Berhasil

Oleh: Rama Wirawan

Ia akan kembali melakukan tur bersama Aerosmith pada musim gugur.

image

Jakarta – Lima tahun silam pemain bass grup musik hard rock veteran Aerosmith, Tom Hamilton pernah menjalani kemoterapi radiasi untuk kanker pangkal lidah yang ia derita. Baru-baru ini, kambuhnya kanker tersebut yang menjalar ke pita suara membuatnya harus kembali ke dokter yang menangani ia lima tahun lalu, Dr. Zeitels.

Menurut Zeitels, satu-satunya opsi untuk membuang kanker dari pangkal lidah Hamilton adalah dengan menjalani operasi radikal menggunakan KTP Laser. Namun, prosedur medis untuk penderita kanker pita suara tersebut beresiko membuat Hamilton kehilangan suara dan mengalami kerusakan saluran pernafasan secara permanen.

“Saya takut. Saya benar-benar berpikir, ‘Oh, saya tidak akan bisa berbicara lagi.'” kata Hamilton dilansir Ksat.com. Akan tetapi akhirnya Hamilton pun setuju menjadi pasien kanker pangkal lidah pertama Zeitels yang ditangani dengan prosedur tersebut.

“Ketika saya sadar, hal pertama yang saya lakukan adalah bersuara dan itu terasa normal, itu terdengar normal,” kata Hamilton lagi.

Pemain bass berusia 59 tahun yang merasa bahwa Zeitels telah menyelamatkan suara dan hidupnya itu akan kembali melakukan tur Mexico, Amerika Selatan dan Jepang bersama Aerosmith pada musim gugur mendatang.

(RS/RS)