Dokter Indonesia sering cari informasi kesehatan di Internet dan pasien juga mesti

Dunia ilmu pengobatan terlalu luas. Dokter-dokter Indonesia pun mesti cari informasi kesehatan di Internet.  Ini adalah survey dari IndoPacific Edelman mengenai pemakaian Internet oleh dokter-dokter maupun pasienya di Indonesia. (Detail biru yang di bawa katanya: MDs are not always right (dokter juga suka salah)

Patients Internet research changes Dr -pasient communications dynamic

Internet Access is changing MD-patient communications in Indonesia: Edelman Survery

Apa kita dapat percaya informasi yang kita baca di Internet? Wah, tidak semuanya. Dari dokter yang jawap survei Edelman 19% jawap bawa mereka curiga ketelitian dari informasi Internet. Sekalipun 85% dari dokter itu tetap sering memekai Internet untuk cari informasi kesehatan.

Ada statistik satu lagi yang cukup menarik: dokter Indonesia sudah siap bahwa pasienny mencari informasi mengenai penyakit dan pengobatan di Internet.

Barang kali anda pernah dibantu sama dokter yang keterampilan komunikasi  . . . ya dibilang agak terbatas.  Dokter seperti itu mirip kamus jaman duluh — penuh informasi tapi diam habis. Dokter itu gampang memberi obat (karena biasanya kerja sama dengan apotik), tapi jika kebutuan kita informasi saja, kita merasa dokter seperti itu jual mahal.

Barang kali kita pikir:

Wah, tidak usah tanya dokter. Dokter selalu lebih tauh daripada pasien, kan? Coba setelah saya saya tanya dokter, jawapan dia  saya tidak mengerti.

Salah itu! Graphis ini mendemonstrasikan bahwa dokter Indonesia mengantisipasikan bahwa pasien-pasientnya cek Internet untuk memastikan informasi.

 

Q: Do you think the Internet has affected you in terms of seeking and sharing information on health issues?
How has the internet influenced your current behavior in obtaining and sharing information? Please rate from 1 to 4, where 1 means you completely disagree and 4 you completely agree with the statements. Asked only to respondents who say they are influenced or not sure if they are influenced by the internet. (Top 2 boxes)
N = 300
17%
19%
52%
56%
57%
70%
74%
84%
85%I am confused/overwhelmed by infoI question accuracy of infoI have more intense communication with patients
I get more conflicting info
I am more active in engaging healthcare co/org
I am more active in sharing info
I am more active in engaging fellow MDs
I obtain info faster
I am more active in seeking info